Senin, 30 Januari 2012

Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Keuangan Anda untuk Disimpan Hingga Pensiun

Sekitar 90% dari karyawan tetap dan pegawai (PNS, Polri, TNI)  pasti akan pensiun. Sisanya mungkin berhenti atau di-PHK. Dari jumlah tersebut, kurang dari 1% persen tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk pensiun. Selebihnya, orang cenderung untuk menunda sampai usia 30-an atau 40-an baru memikirkan masalah keuangan di masa pensiun.  Sebuah formula yang bisa diterapkan, menurut University Credit Union Home and Finance Family Resource Center, sangat diperlukan untuk memperkirakan penghasilan masa pensiun Anda dan tambahkan 1,025 persen dari nilai penghasilan pensiun - untuk mengakomodasi inflasi - setiap tahunnya pasca-pensiun. Caranya adalah seperti berikut ini:

  1. Lakukan perkiraan penghasilan tahunan Anda di masa pensiun Anda. Sebagai bahan stusi kasus, kita coba memilih angka Rp40.000.000.
  2. Kalikan angka itu dengan 1,025 untuk mendapatkan jumlah yang Anda  butuhkan selama masa pensiun di tahun pertama Anda. Jika 40.000.000 x 1,025 diperoleh hasil 41.000.000 
  3. Lakukan perhitungan yang sama untuk setiap tahun masa pensiun Anda . Untuk tahun kedua masa pensiun Anda, menurut rumus ini, lakukan perhitungan Rp41.000.000 dikali 1,025, yang sama dengan Rp 42.025.000. Lanjutkan proses perkalian selama 15 sampai 25 tahun masa pensiun yang Anda harapkan untuk hidup. Tambahkan angka tahunan bersama-sama untuk mencapai grand total.
  4. Cari tahu berapa jumlah Jaminan Sosial tahunan Anda (dari PT Askes, Asabri, Jamsostek atau lainnya). Kalikan jumlah jaminan yang Anda miliki dengan jumlah yang diharapkan pada masa pensiun.
  5. Cari tahu berapa pendapatan lain, seperti pensiun, bunga tabungan atau warisan. Faktor dalam sumber-sumber pendapatan lainnya, kalikan setiap angka tahunan dengan jumlah yang diharapkan di masa pensiun, dan tambahkan ke angka keseluruhan Jaminan Sosial.
  6. Kurangi total jaminan sosial dan pendapatan lainnya dari jumlah total yang diperlukan untuk proyeksi masa  pensiun Anda dengan jumlah yang Anda butuhkan untuk ditabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar