Minggu, 14 September 2025

Makanan Yohanes Pembaptis: Belalang Serangga atau Belalang Buah?

Makanan Yohanes Pembaptis: Belalang Serangga atau Belalang Buah?

Pendahuluan: Profil Kenabian dan Pakaian Luar

Yohanes Pembaptis adalah figur kenabian yang sentral dalam narasi Injil, yang misinya tidak hanya disampaikan melalui kata-kata, tetapi juga secara visual dan eksistensial melalui gaya hidupnya yang unik. Salah satu aspek yang paling menonjol dan kaya makna dari kehidupannya adalah pakaian dan makanannya, yang secara intrinsik terhubung dengan identitas dan pesannya. Pilihan pakaiannya—jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit—secara sengaja membangkitkan ingatan akan Nabi Elia dari Perjanjian Lama, yang juga mengenakan pakaian serupa.1 Koneksi ini sangat penting, karena mengidentifikasi Yohanes sebagai pemenuhan nubuat yang telah lama dinanti-nantikan dalam Maleakhi 4:5-6, yang menubuatkan kedatangan "Nabi Elia" sebelum "Hari Tuhan yang besar dan dahsyat".2 Dengan demikian, pakaian Yohanes berfungsi sebagai tanda visual dari otoritas kenabiannya, yang menyatakan kepada semua orang bahwa ia adalah utusan yang ditakdirkan untuk mempersiapkan jalan bagi Mesias.2

Jika pakaiannya adalah deklarasi identitasnya, maka makanannya adalah manifestasi praktis dari pesan kenabiannya. Dietnya yang terdiri dari "belalang dan madu hutan" bukanlah kebetulan atau hasil dari kebutuhan semata, melainkan sebuah pernyataan teologis yang padat dan berlapis makna. Laporan ini bertujuan untuk mengupas setiap lapisan dari pilihan makanan ini, menganalisisnya dari perspektif historis untuk memahami realitas fisiknya dan dari perspektif teologis untuk menyingkap makna spiritual yang mendalam. Penelusuran ini akan mengeksplorasi perdebatan tentang identitas sebenarnya dari makanan tersebut dan bagaimana dualitas simbolisnya melambangkan esensi dari seluruh pelayanan Yohanes Pembaptis. 

Aspek Historis dan Tekstual: Menyingkap Identitas Makanan

Untuk memahami makna makanan Yohanes Pembaptis, pertama-tama kita harus menginvestigasi realitas fisik di baliknya. Deskripsi dalam Injil Matius (3:4) dan Markus (1:6) adalah "belalang dan madu hutan." Penyelidikan atas istilah-istilah ini dalam konteks historis dan linguistik mengungkap sebuah perdebatan yang menarik dan relevan.

Belalang (Akris): Analisis Leksikal dan Perdebatan Abadi

belalang serangga
Belalang serangga

 

Kata Yunani yang digunakan dalam teks-teks Injil untuk "belalang" adalah akris (ἀκρίς), yang secara leksikal memiliki arti yang sangat spesifik dan tidak ambigu. Menurut leksikon Yunani, kata ini secara konsisten merujuk pada serangga yang dikenal sebagai belalang, terutama spesies yang terkenal karena kemampuannya menghancurkan tanaman dan menyebabkan kelaparan.6 Kata ini muncul dalam Perjanjian Lama Yunani (Septuaginta) dan juga digunakan oleh penulis-penulis non-Alkitab untuk menggambarkan serangga ini secara harfiah.

Berdasarkan bukti linguistik dan historis ini, interpretasi yang paling umum dan literal adalah bahwa Yohanes Pembaptis memang mengonsumsi belalang serangga. Terdapat beberapa alasan kuat yang mendukung pandangan ini. Secara historis, konsumsi belalang sangat umum di seluruh Timur Tengah kuno. Banyak penulis kuno, seperti Diodorus Siculus, mencatat keberadaan suku-suku yang dikenal sebagai acridophaghi atau "pemakan belalang".8 Sumber-sumber historis juga menunjukkan bahwa belalang sering diolah dengan cara dikeringkan, dipanggang, atau diasinkan, dan berfungsi sebagai sumber protein yang mudah didapat dan murah bagi masyarakat miskin.6 Lebih jauh lagi, konsumsi belalang sepenuhnya diizinkan oleh hukum Taurat, yang secara eksplisit menyebutkan jenis-jenis belalang tertentu sebagai makanan halal bagi orang Israel (Imamat 11:22).5 Ini menunjukkan bahwa diet Yohanes, meskipun asketis, tetap sesuai dengan hukum Yahudi.

Belalang buah atau karob

     Namun demikian, ada spekulasi yang muncul di kalangan komentator di kemudian hari yang menantang interpretasi literal ini. Beberapa penulis berpendapat bahwa "belalang" yang dimaksud adalah "buah karob" (Ceratonia siliqua), buah dari pohon yang dikenal sebagai "pohon belalang".
8 Buah karob berbentuk polong, mirip kacang polong yang memanjang, dan rasanya manis seperti cokelat ketika dikeringkan.9 Buah ini tumbuh subur di wilayah Israel dan mudah ditemukan, menjadikannya makanan yang mudah diakses dan bergizi bagi kelas-kelas miskin.9 Gagasan ini muncul dari keengganan untuk membayangkan seorang nabi besar memakan serangga, yang mungkin dianggap tidak bersih atau menjijikkan.

Penyelidikan lebih dalam terhadap asal-usul spekulasi ini mengungkapkan dinamika teologis yang lebih dalam. Interpretasi karob tidak muncul dari bukti leksikal atau historis yang kuat, melainkan dari upaya untuk membuat diet Yohanes Pembaptis lebih dapat diterima secara budaya. Lebih dari itu, sebuah tinjauan terhadap Injil apokrif, seperti Injil Ebionit, memberikan petunjuk yang kuat. Teks ini secara terang-terangan mengganti kata akris (belalang) dengan enkris (kue atau panekuk).10 Perubahan ini bukan sekadar kesalahan penyalinan, melainkan revisi teologis yang disengaja. Kaum Ebionit adalah kelompok Kristen Yahudi yang vegetarian dan menolak konsumsi daging atau makhluk hidup apa pun.10 Oleh karena itu, bagi mereka, gambaran Yohanes Pembaptis yang memakan serangga bertentangan dengan keyakinan mereka. Dengan mengubah kata yang berdekatan secara fonetik (akris menjadi enkris), mereka dapat menyesuaikan narasi tersebut dengan doktrin mereka sendiri.11 Hal ini menunjukkan bahwa perdebatan tentang identitas makanan Yohanes Pembaptis bukan sekadar masalah historis atau botani, tetapi cerminan dari perdebatan teologis yang lebih tua dalam Kekristenan awal mengenai pantangan makanan dan asketisisme. Teori karob berfungsi sebagai "vegetarianisasi" yang lebih dapat diterima atas gaya hidup Yohanes Pembaptis, yang berakar pada pandangan kelompok-kelompok seperti kaum Ebionit.

Madu Hutan (Meli Agrion): Simbol Kelimpahan di Tengah Kemandulan

Elemen kedua dari diet Yohanes Pembaptis adalah "madu hutan" (meli agrion). Tidak seperti belalang, identitas madu hutan tidak menjadi subjek perdebatan serius. Madu ini berasal dari lebah liar dan merupakan sumber makanan yang umum di Palestina kuno.12 Ketersediaannya di daerah padang gurun atau hutan memberikan konteks yang sempurna bagi Yohanes, yang hidup di luar masyarakat dan bergantung sepenuhnya pada penyediaan alam.

Madu memiliki makna simbolis yang mendalam dan berlapis dalam tradisi Alkitab.12 Seringkali, madu digunakan untuk melambangkan kelimpahan, kebaikan, dan berkat. Metafora "tanah yang berlimpah susu dan madu" adalah gambaran ideal tentang Tanah Perjanjian yang diberkati.12 Selain itu, madu juga melambangkan Firman Tuhan yang manis dan menyenangkan bagi jiwa (Mazmur 19:11, 119:103).12 Dalam konteks makanan Yohanes, madu melambangkan penyediaan ilahi yang tidak terduga di tengah-tengah padang gurun yang tandus dan keras.

Komparasi Interpretasi "Belalang" (Akris) dalam Tradisi Alkitab

TEORI INTERPRETASI

DASAR ARGUMEN

SUMBER PENDUKUNG

KAITAN DENGAN KONTEKS YOHANES

KONSENSUS SKOLASTIK MODERN

Belalang (Serangga)

Leksikal: Kata Yunani akris secara harfiah berarti belalang (serangga). 6

Historis: Belalang adalah sumber makanan yang umum di Timur Tengah kuno. 6

Kepatuhan Taurat: Konsumsi belalang diizinkan oleh Imamat 11:22. 5

Injil Kanonik (Matius & Markus), Penulis kuno (Diodorus Siculus), Hukum Taurat.

Asketisisme yang keras dan otentik; kepatuhan pada hukum Yahudi.

Didukung secara luas.

Buah Karob

Botani: Pohon karob dikenal sebagai "pohon belalang" karena polongnya. 8

Ketersediaan: Mudah ditemukan di padang gurun Yudea dan merupakan makanan orang miskin. 9

Teologis: Muncul dari komentator yang menganggap makan serangga tidak pantas untuk seorang nabi. 8

Komentator-komentator belakangan yang menafsirkan ulang teks Injil.

Upaya untuk "memuliakan" gaya hidup Yohanes; terhubung dengan vegetarianisme awal.

Tidak didukung.

Kue (Enkris)

Linguistik: Penggantian yang disengaja dari kata Yunani akris ke enkris karena kesamaan fonetik. 10

 

Doktrinal: Perubahan ini didorong oleh keyakinan teologis vegetarian. 10

Injil Ebionit (Injil apokrif).

Ekspresi dari doktrin vegetarian Ebionit yang menolak konsumsi daging.

Bukti perubahan teologis yang disengaja, bukan interpretasi asli.


Tabel ini menunjukkan dengan jelas bahwa perdebatan tentang makanan Yohanes Pembaptis bukan sekadar masalah historis atau botani. Sebaliknya, hal itu menyoroti bagaimana interpretasi teks Alkitab dapat dibentuk oleh agenda teologis tertentu. Meskipun interpretasi buah karob mungkin terdengar lebih "masuk akal" bagi pembaca modern, bukti leksikal, historis, dan tekstual yang kuat secara konsisten mengarahkan pada pemahaman literal bahwa Yohanes memang mengonsumsi belalang serangga. Pandangan ini juga didukung oleh konsensus akademis modern.13

Aspek Teologis dan Simbolis: Makanan sebagai Manifestasi Spiritual

Di luar identitas fisik makanannya, diet Yohanes Pembaptis berfungsi sebagai pernyataan teologis yang mendalam dan multilayer. Pilihan makanannya adalah perwujudan pesan yang ia khotbahkan.

Asketisisme dan Penolakan Duniawi

Gaya hidup Yohanes Pembaptis, yang ditandai dengan jubah bulu unta dan makanan yang sederhana, adalah sebuah khotbah tanpa kata-kata. Dengan memilih untuk hidup dari belalang dan madu, ia menolak kenyamanan dan kemewahan materialistik yang ditawarkan oleh masyarakat beradab.14 Pilihan ini berfungsi sebagai kritik yang tajam terhadap kemewahan dan keserakahan yang merajalela di kalangan elit agama dan politik pada masanya.14 Gaya hidupnya adalah bentuk solidaritasnya yang radikal dengan orang miskin dan terpinggirkan, yang sering kali terpaksa bertahan hidup dengan makanan yang paling dasar.14

Lebih dari sekadar pernyataan simbolis, diet ini juga memberikan kemandirian fungsional. Dengan hidup dari hasil padang gurun, Yohanes tidak bergantung pada sistem sosial atau patron mana pun. Hal ini memungkinkannya untuk menyampaikan kebenaran dengan berani dan tanpa kompromi, bahkan ketika ia menegur Raja Herodes atau para pemimpin agama yang sombong.16 Gaya hidup asketisnya adalah fondasi yang memungkinkan dia untuk menjadi "suara yang berseru di padang gurun," bebas dari kekhawatiran akan kehilangan mata pencaharian atau status.14

 Dualitas Simbolik Belalang dan Madu

     Komponen makanan Yohanes Pembaptis, yaitu belalang dan madu, secara simbolis dapat dipandang sebagai dua elemen yang berlawanan, yang bersatu untuk menyampaikan pesan yang komprehensif.

·         Belalang: Penghakiman dan Keteraturan

Di banyak bagian Alkitab, belalang adalah lambang penghakiman ilahi dan kehancuran. Plaga belalang di Mesir dan nubuatan dalam kitab Yoel menggambarkan belalang sebagai pasukan yang menghancurkan, instrumen murka Tuhan yang membawa kelaparan dan kehancuran.5 Dengan memakan belalang, Yohanes secara profetik mengidentifikasi dirinya dengan penghakiman yang akan datang, yang merupakan inti dari pesannya tentang pertobatan. Makanan ini secara fisik mewujudkan peringatan yang ia berikan kepada orang-orang, yaitu bahwa "kampak sudah tersedia pada akar pohon" (Matius 3:10).
Namun, belalang juga memiliki makna simbolis yang kontras. Amsal 30:27 menggambarkan belalang sebagai makhluk yang "tidak mempunyai raja, namun semuanya berbaris dengan teratur".
18 Simbolisme ini menyiratkan kepatuhan dan keteraturan. Dalam konteks Yohanes, hal ini dapat dipahami sebagai ajakan bagi umat Tuhan untuk belajar mengatur diri sendiri dan patuh pada kehendak ilahi, bahkan tanpa otoritas eksternal yang memaksa.18 Kepatuhan yang sukarela ini adalah kekuatan, bukan kelemahan, yang membantu seseorang berjalan di jalan yang benar.18

·         Madu: Kelimpahan dan Manisnya Firman Tuhan

Madu melambangkan kebalikannya dari belalang. Seperti yang dibahas sebelumnya, madu adalah simbol kelimpahan, berkat, dan Firman Tuhan yang manis.12 Kehadiran madu di tengah padang gurun yang tandus adalah tanda anugerah Tuhan yang terus menyediakan, bahkan di tempat yang paling tidak mungkin.

Kombinasi dari belalang dan madu adalah alegori yang hidup tentang bagaimana pesan Yohanes Pembaptis harus diterima.16 Bagi mereka yang menanggapi panggilannya untuk bertobat dan merendahkan diri, pesannya akan terasa semanis madu, membawa kelegaan dan berkat ilahi. Itu adalah janji kelimpahan di tengah kekeringan spiritual. Sebaliknya, bagi mereka yang menolak panggilannya, yang tetap dalam kesombongan dan kemewahan mereka (seperti kaum Farisi dan Saduki yang ia sebut sebagai "keturunan ular beludak"), pesannya adalah kutukan yang pahit dan menghancurkan, seperti wabah belalang yang menandakan penghakiman yang akan datang. Dengan demikian, diet Yohanes adalah sebuah khotbah yang kompleks, yang memperingatkan akan murka yang akan datang sambil menawarkan anugerah bagi mereka yang siap menerima.

Makanan Yohanes Pembaptis dalam Tradisi dan Perdebatan Skolastik

Perdebatan mengenai makanan Yohanes Pembaptis adalah contoh yang luar biasa tentang bagaimana tradisi dan agenda teologis dapat membentuk interpretasi teks. Tradisi karob, yang dipopulerkan oleh komentator-komentator belakangan, sering kali merupakan upaya untuk "menjinakkan" gambaran radikal dari seorang nabi yang hidup di padang gurun. Keberadaan Injil Ebionit, yang secara sengaja mengubah teks kanonik, memberikan bukti kuat bahwa topik ini bukanlah detail yang sepele, tetapi sebuah titik pertentangan yang signifikan dalam Kekristenan awal.10 Perubahan yang dilakukan oleh kaum Ebionit menunjukkan bahwa mereka menyadari implikasi teologis dari diet Yohanes Pembaptis dan berusaha merevisinya agar sesuai dengan keyakinan mereka.

Namun, terlepas dari perdebatan historis ini, konsensus akademis modern cenderung mendukung interpretasi literal dari akris sebagai belalang serangga.6 Alasan utama untuk pandangan ini adalah:

1.    Bukti Leksikal yang Tidak Terbantahkan: Kata akris memiliki arti yang jelas dalam bahasa Yunani kuno.

2.    Kesesuaian dengan Hukum Taurat: Diet belalang adalah makanan halal.

3.    Konsistensi Naratif: Diet ini secara sempurna melengkapi gambaran Yohanes Pembaptis sebagai seorang asketik radikal yang hidup di padang gurun, sepenuhnya bergantung pada penyediaan Tuhan dan menolak kenyamanan duniawi.

Kesimpulan: Sintesis Historis-Teologis dan Implikasi Praktis

    Pada akhirnya, makanan Yohanes Pembaptis bukan sekadar detail historis tentang apa yang dimakan seorang nabi di padang gurun. Sebaliknya, ia adalah pernyataan teologis yang mendalam dan berlapis-lapis. Secara historis, diet ini mencerminkan kehidupan yang mengandalkan penyediaan Tuhan (madu) di tengah kesederhanaan yang keras (belalang).2 Secara teologis, hal ini melambangkan identitasnya sebagai Elia yang baru dan perwujudan pesan pertobatannya yang tegas—berkat bagi mereka yang bertobat dan penghakiman bagi mereka yang menolak.16

        Gaya hidup Yohanes Pembaptis, yang diwujudkan melalui makanannya, menawarkan teladan abadi tentang pertobatan, kerendahan hati, dan kepercayaan pada penyediaan Tuhan.2 Ia menyerukan sebuah kehidupan yang bebas dari ketergantungan pada kekayaan dan kenyamanan duniawi, dengan fokus pada misi spiritual.5 Dalam dunia yang sering kali terobsesi dengan materi dan status, teladan Yohanes Pembaptis mengingatkan kita akan nilai-nilai spiritual yang mendalam, yang berakar pada penyangkalan diri dan kepatuhan radikal pada panggilan Tuhan. Laporan ini, dengan menelusuri perdebatan historis dan mengupas makna simbolis yang berlapis, berfungsi sebagai panduan yang otoritatif bagi pembaca yang ingin memahami kedalaman dan kekayaan narasi Alkitab, melampaui interpretasi permukaan.

Rujukan

1.    Elijah and John, the Baptist | Saxum, diakses September 8, 2025, https://www.saxum.org/elijah-and-john-the-baptist/

2.    Matthew 3:4 Study Bible: Now John himself wore clothing made of camel's hair and with a leather belt around his waist, and his food was locusts and wild honey., diakses September 8, 2025, https://biblehub.com/study/matthew/3-4.htm

3.    How did John the Baptist have the "spirit and power of Elijah"? - Christianity Stack Exchange, diakses September 8, 2025, https://christianity.stackexchange.com/questions/14020/how-did-john-the-baptist-have-the-spirit-and-power-of-elijah

4.    Apakah Yohanes Pembaptis benar-benar merupakan reinkarnasi ..., diakses September 8, 2025, https://www.gotquestions.org/Indonesia/Yohanes-Pembaptis-reinkarnasi-Elia.html

5.    Topical Bible: Locusts and Wild Honey, diakses September 8, 2025, https://biblehub.com/topical/l/locusts_and_wild_honey.htm

6.    Strong's Greek: 200. ἀκρίς (akris) -- Locust - Bible Hub, diakses September 8, 2025, https://biblehub.com/greek/200.htm

7.    Strong's #200 - ἀκρίς - Old & New Testament Greek Lexical Dictionary - StudyLight.org, diakses September 8, 2025, https://www.studylight.org/lexicons/eng/greek/200.html

8.    113. Apa yang menjadi makanan Yohanes Pembaptis adalah ..., diakses September 8, 2025, https://alkitab.sabda.org/resource.php?topic=113&res=1000jawaban

9.    Fakta Alkitab :Jenis Belalang Apa Yang Menjadi Makanan Yohanes ..., diakses September 8, 2025, https://www.jawaban.com/read/article/id/2017/05/10/58/170510123716/fakta_alkitabjenis_belalangapa_yang_menjadi_makanan_yohanes_pembabtis

10.  The Gospel of the Ebionites - Early Christian Writings, diakses September 8, 2025, https://www.earlychristianwritings.com/text/gospelebionites.html

11.  Locusts or Pancakes? - The Bart Ehrman Blog, diakses September 8, 2025, https://ehrmanblog.org/locusts-pancakes-members/

12.  Madu - Studi Kamus - Alkitab SABDA, diakses September 8, 2025, https://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=madu

13.  John the Baptist's locusts : r/AcademicBiblical - Reddit, diakses September 8, 2025, https://www.reddit.com/r/AcademicBiblical/comments/p3t2wu/john_the_baptists_locusts/

14.  #Express: Jika St. Yohanes Pembaptis Hidup di Zaman Now ..., diakses September 8, 2025, https://www.youcat.id/article/jika-st-yohanes-pembaptis-hidup-di-zaman-now/

15.  Topical Bible: Asceticism: The Practice of John the Baptist, diakses September 8, 2025, https://biblehub.com/topical/naves/a/asceticism--the_practice_of_john_the_baptist.htm

16.  Lessons from Locusts and Wild Honey - Sermon Podcast | Church of St. James the Less, diakses September 8, 2025, https://www.stjamesscarsdale.org/podcasts/sermon-podcast/2023-12-10-lessons-from-locusts-and-wild-honey

17.  7 Hal Profetik yang Dinyatakan Allah Lewat Hidup Yohanes Pembaptis - Jawaban.com, diakses September 8, 2025, https://www.jawaban.com/read/article/id/2017/03/13/58/170313161140/7_hal_profetik_yang_dinyatakan_allah_lewat_hidup_yohanes_pembaptis

18.  "Belalang Lambang Kepatuhan" - Elohim Ministry, diakses September 8, 2025, https://elohim.id/belalang-lambang-kepatuhan/

19.  Apa yang dapat kita pelajari dari kehidupan Yohanes Pembaptis? - Got Questions, diakses September 8, 2025, https://www.gotquestions.org/Indonesia/orang-alkitab-yohanes-pembaptis.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

. Menkeu 1946 1947 1948 1949 1950 1951 1952 1953 1954 1955. 1956 1957 1958 1959 1960 1961 1962 1963 1965 1966 1967 1968 1969 1970 1972 1973 1974 1975 1976 1977 1978 1979 1980 1981 1982 1983 1984 1985 1986 1987 1988 1989 1990 1991 1992 1993 1994 1995 1996 1997 1998 1999 2000 2001 2002 2003 2004 2005 2006 2007 2010 2011 2013. 2014 A AA abad ke-7 ABC abdul hadi wm ABK Abu Nawas achdiat k mihardja Adat agama Ahok AI airmadidi Airmadidi. ajaran sesat ajib hamdani Al-Qur'an Alkitab AMBON amsal amurang anak yatim/piatu anak-anak anggaran Angkatan 45 angsuran animal animasi animation Anjab Antasari aplikasi mobile apresiasi sastra Arab architectur architecture arsitektur artificial intelligence artikel. Askes ASN Asrul Sani Astinet asuransi audio audio to text ayu ting ting B Babilonia baca artikel dibayar bahasa Bahasa Belanda bahasa daerah Bahasa Indonesia bahasa kreol Bahasa Portugis bahasa Termate Bahlil Dahadalia bahundak Bait Allah bajak BANJAR bank banten bantuan korea selatan Bapertarum barang dan jasa pemerintah Basuki BATAK batas laut batas usia pensiun. PP BB BBM bersubsidi Bea Cukai beasiswa bekerja dari rumah Belanda bencana bendera beras berita Betlehen biaro Bidat billing bimbo BIODATA BIOGRAFI bisnis bisnis gratis bisnis properti bisnis sampingan Bitung BKD BKN blogger BNI BNN bobbit worm Bolaang Mongondow Bolmut Bolong Bolsel Boltim BPJS BPKB BRI briptu norman kamaru BTN Bu Tahanusang budaya Budaya Kerja budayawan bugil building buku bulan BUMD BUMN bunaken bung karno BUP bupati C Camat CC ccovid-19 cerita rakyat cerpen Chairil Anwar China choir cicilan cincin cinta CIO CIPTA KERJA CIPTAKERJA civil servant classical coconut octopus collorydianisme conference contoh convert copy-paste foto covid-19 CPNS cuti cuti bersama D D.Brilman Dacuda Pocket Scanner daerah daerah otonom baru Dana Sehat DAU denda desa desain detektor logam Dhana Widyatmika Dialek Diklat Kompetensi DIKLAT PIM dirjen dirjen anggaran disiplin diskusi diving DKI doa dogma dokumen dolar domain dongeng download DP3 DPR drama dramatik dramatis personae DRH Driver duasudara dubes duda duit dunia E e-billing e-Gov E-KTP e-voting edaran Edaran Mendagri eigendom ekonomi eksistensialisme eksperimental ekstensi eliezer Ensiklopedi Epifanius erupsi esai eselon extension F f. Kelling facebook Fiery Cross Reef Filsafat fisik foto funny gaji gaji baru PNS gaji baru Polri gaji baru TNI gaji hakim gaji ke-13 Gaji PNS 2013 gaji polri 2011 gaji polri 2013 gaji tni 2011 gaji TNI 2012 gaji tni 2013 galungan Ganefo gangguan kecemasan ganti logo blogger garuda gaya hidup gayus GCIO gembala gereja GG Gibran Rakabuming GMIM Golongan Ruang Google Cloud Google drive Google One grafik Gregorian gubernur gunung api Gunung Ruang gunung Salak guru hairy frogfish hakim halmahera HAM hari libur hari raya HB Yassin HB Yassin. HB Yassin HB Yassin. Pusat Dokumentasi hewan Hijriyah Hindu hobby home honorer house hukum hut I Nyoman Nuarta idul fitri II Ijazah Palsu iklan gratis iklan rumah IKN imlek Indihome Indonesia industri Infotek Inggris Injil Inpres instansi pemerintah integritas interior internet Islam israel istana garuda Istana Garuda Ibukota Nusantara Istana Presiden IKN IT ITE ITM jabatan fungsional jabatan pimpinan jabatan struktural jaksa janda JAWA jenderal jiwa Johnson Reef Jokowi jual-beli jual-beli rumah Julian K-1 K-2 KABUPATEN kalabat kalender Kalimantan kampanye kampus Kamus kandang domba kartu kredit karunia KARYA SATYA Kasus kata bijak kata mutiara kata-kata bijak kata-kata hikmat kata-kata mutiara kawasan khusus kawin KBBI KDKMP keamanan KEK Kekayaan kelahiran Yesus kelas keluarga kelurahan Kemen-PU Kemendagri Kemenkeu Kemenkum-HAM Kementrian kenaikan gaji kenaikan pangkat Kepala Daerah Kepdirjen Keppres kepribadian Keputusan Ka BKN keputusan menteri kerajaan kereta jenazah kereta kerajaan kereta pernikah william kerja Kesehatan keuangan Khotbah khotbah. kiamat Kisah Mahabarata KK Klasik Kode Etik koloriadianisme komedi Kominfo konstitusi konversi koor koperasi korpri Korupsi KOTA Kotamobagu koupsi KPCPEN KPK kristen Kritik Sastra kritik seni kue kuliah kunci foto L lagu Lagu Daerah Lagu Daerah Sangihe lagu nasional lambang daerah langganan langowan lapas larangan Laut China Selatan lawak lebaran legenda lemang Lembaga Negara lembeh Lembeh Resort Lembeh Strait LG LHKPN libur nasional liburan Likupang lingkungan kerja Lirang lirik lirik lagu Lirik Lagu Daerah litle logo lokon lomba sastra lowongan lucu Lurah M mahasiswa mahasiswa baru mahawu makar MALUKU Manado mandarin fish Manganitu marah rusli marga masa Anak-anak masamper masarang Masehi Mawali Mazmur media massa meja Melayu mendagri mengajar menkeu Menpan merah putih MERS Mesir mesjid metal detector Meyer migdal eder mimic octopus Minahas minahasa Minahasa Selatan Minahasa Tenggara Minahasa Utara minangkabau Mischief Reef mistik mitos MM mobil bekas mobil jenazah mobil mewah mochtar lubis model money Mongondow monumen moratorium motivasi motivasi hidup Mouse Scanner MPR Mr. Assat Mr. Sjafruddin muhaling Muhammad Musa mutasi nabi NAD nama domain nama etnis nama fam nama klan nama marga nama orang nama suku NARKOBA Nasdem nasi jaha Nasrani natal negara NEWS NII nikah NIP novel Nuklir Nusantara o ina ni keke OMNIBUS LAW oneness Orang Terkaya orde baru outsourcing pada pahlawan padang gembala paduan suara Pajak PAK pakaian adat Pakaian Dinas pandemi Pangdam pangkat PNS pangkat polri pangkat TNI pantai pantekosta pantun papan tulis elekronik papan tulis sekolah PAPUA partitur paskah paypal pdf pegawai pegawai tidak tetap pemerintah pejabat pejabat eselon pejabat pimpinan tinggi pelantikan pelayan khusus Pelindo pemalsuan pembunuhan Pemda Pemerintah pemerintah daerah pemilihan pemukiman pendaki pendeta pendidikan penembakan penerbangan penerimaan CPNS penerimaan pegawai BUMN penipuan Penpres pensiun pensiun pokok pensiunan pentakosta penyair penyaliban penyimpanan Perang Dunia peraturan kepala BKN peraturan menteri Peraturan Pemerintah perda perguruan tinggi perhubungan Peribahasa Periodisasi Perjalanan Dinas Perjanjian Lama perjuangan perkawinan Permen pernikahan william dan kate PERPPU PERPPU 1959 Perpres pers perumahan Perumnas pesawat pidato pigmy seahorse Pilgub DKI Pilkada Pilpres pinjaman plagiat PLN PMK PMK. Menkeu PNBP PNS PNS. Kekayaan poem poetry polisi politik politisi polling polri Portugis postmodernism PP PP 53 PP1998 PP2000 PP2001 PP2002 PP2011 PP2012 CPNS PPATK PPPK Prabowo prabu siliwangi pramugari Presiden RI Presiden SBY pria profesi propinsi proposal prosa protes Provinsi proyek psikiater psikis psikologi PTTP Puisi puisi lama pulau Spratly pulsa PUPNS PUPR purnawirawan Pusat Pusat Dokumentasi R raja ramalan ramayana rapel Rasul Rasul Paulus Ratahan read real estate rekening rekening gendut remunerasi remunerasi PNS daerah renovasi renungan resensi Retribusi Menara review sastra ribbon eel RIS Rismon Sianipar ritual Rivai Apin roh roman Romawi ROSIHAN ANWAR Roy Suryo rumah rumah kontrakan rumah mewah rumah murah Rumah Sakit rumah sederhana rumah tangga RUU RUU ASN RUU BPJS RUU Tipikor S salary salib sambo sandi sangihe SANGIHE TALAUD SANKSI santo sapaan SARS sastra sastra daerah sastra indonesia sastra online satgas SATYALENCANA Scribd sejarah sejarah Al'Quran sejarah gereja sejarah gereja. Sejarah Sastra Sekda sekolah dasar selingkung Seminar seniman sertifikasi guru server Shukoi siau siber SIM sinagoge Singapura sinopsis sipir siswa Sitaro siti nurbaya SK sms soeharto Soekarno Solo Soputan sosialisasi Spanyol STAN standar biaya STNK storage stress studi komparasi su domain sub domain Subi Reef sufi Sukhoi suku maya Sulawesi Utara Sulut surat edaran Surat Kepercayaan Gelanggang Sutiyoso syahrini syair T tabel tabel gaji pns 2000 tabel gaji pns 2011 tabel gaji pns 2012 tabel gaji pns 2013 tabel gaji pns 2019 Tabel Gaji Polri 2012 Tabel Gaji Polri 2014 TABEL GAJI TNI 2011 TABEL GAJI TNI 2012 TABEL GAJI TNI 2013 tabel gaji TNI 2014 TABEL LENGKAP GAJI POLRI 2011 tabungan tabut Taguladang tagulandang tahun baru tahuna takhayul talaud tanah Tangkoko TAP MPR Taperum tarian tata bahasa taurat taurat. teater Dian teknologi teks Telekomunikasi Tenaga Ahli terminal Ternate teror TERORIS text to audio The Age the royal wedding TIK tips tni TOKOH tokoh dunia tokoh indonesia tokoh islam tomohon tondano torah tradisi transfer trinitas Try Sutrisno Tsunami tulude tunjangan TVRI Two Fish U uang UGM UN undang-undang Undang-Undang Pokok Agraria unduh unitarian Unpad Unsrat upacara upacara adat UU UU 1948 UU ASN UU Penerbangan UUD UUDS UUPA V vaksin video video conference video lucu viral virus VOC W wabah waisak wakil presiden wali kota walikota wamen warakawuri wartawan website WHO Wikileaks william shakespeare wisata selam wise word Woody Reef Wuhan Yahudi Yehuda Yerusalam Yesus Yosua Yus Badudu yusuf hamka