Senin, 29 November 2010

Bung Karno Sang Arsitek: Kajian Artistik Karya Arsitektur

primus74
Buku ini sesuatu yang sangat menarik dan berharga untuk dibaca dan dipahami. Membaca buku ini, melihat Soekarno dari sisi yang berbeda. Melihat bahwa sesungguhnya Soekarno, seorang negarawan sekaligus seorang arsitek.

Ketokohan Soekarno dalam bidang politik di era tahun 1920-an sampai 1960-an telah dikenal luas oleh masyarakat nasional maupun internasional. Telah banyak penulis dalam dan luar negeri membahas sepak terjangnya di bidang politik, termasuk juga perjalanan hidupnya. Namun kajian tentang Soekarno sebagai seorang negarawan yang juga sekaligus seorang arsitek belumlah dikenal luas oleh publik. Padahal, gelar doctor honoris causa dalam bidang teknik yang dianugerahkan kepadanya dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 13 September 1962 merupakan pengakuan atas sumbangsihnya dalam dunia rancang bangun di Indonesia.

Seokarno telah dianggap mempelopori dan berhasil menangani proyek-proyek besar, antara lain komplek Asian Games, Hotel Indonesia, Jakarta-Bypass, Masjid Istiqlal, dan tugu Monumen Nasional (Monas). Proyek-proyek yang dapat dikategorikan berazaskan Pro Bono Publico atau memihak pada kepentingan umum. Kekosongan kajian tentang Soekarno di bidang ini, kiranya terdapat dalam buku ini.



Bung Karno Sang Arsitek: Kajian Artistik Karya Arsitektur Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/humanities/arts/2029526-bung-karno-sang-arsitek-kajian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar